KLIK PLAY UNTUK TADARRUS QURAN >>>>>>>>>>0813-8162-2530 / 0853-4286-0677

12 Tahap dan Cara Membuat Skripsi.

Pengalaman pribadi tentang membuat skripsi berikut ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda terutama yang saat ini tengah berkutat dengan tugas akhir universitas ini.

Berikut ini adalah 12 tahap secara umum dalam penulisan skripsi untuk menambah wawasan Anda :

Menentukan tema skripsi


Dalam menentukan tema untuk penelitian akhir, tentu anda yang idealis bisa memilih tema yang menjadi impian anda selama ini. Namun, bila prinsip Anda adalah segera lulus tanpa menghiraukan bidang yang ingin Anda ulas lebih jauh, dalam penulisan skripsi Anda bisa memilih penelitian yang tak membutuhkan waktu lama, murah, serta sederhana. Pilihan selanjutnya adalah, turut serta dalam proyek penelitan dosen, tetapi pastikan bahwa penelitian tersebut tak memakan waktu lama.


Mengumpulkan bahan skripsi yang relevan


Koleksi bahan sebanyak-banyaknya, tapi ingat, hanya bahan yang relevan saja. Kaya bahan adalah WAJIB. Namun relevan adalah lebih wajib jika anda ingin membuat skripsi yang berkualitas atau yang bermutu. Saat Anda telah menentukan pilihan tema untuk membuat skripsi, langkah selanjutnya adalah berburu info tentang bidang penelitian tersebut.


Menentukan judul skripsi dan dosen pembimbing


Tentukan judul untuk skripsi Anda yang masih berkaitan dengan tema pilihan Anda tadi. Sebaiknya siapkan beberapa judul skripsi sebagai cadangan dan siapkan pula argumen-argumen Anda mengapa memilih judul tersebut kepada dosen pembimbing. Jangan lupa untuk membuat janji bimbingan lagi dan sebaiknya antara bimbingan satu dengan bimbingan berikutnya jaraknya tak terlalu lama.


Membuat usulan penelitian


Setelah judul yang Anda ajukan disetujui, langkah selanjutnya dalam membuat skripsi adalah anda bisa mengetik dengan memulai pada bab 1, bab 2, hingga bab 3 atau pendahuluan berdasarkan hasil konsultasi yang telah Anda lakukan. Untuk menambah referensi bacalah skripsi-skripsi dengan tema serupa yang telah ditulis oleh senior Anda. Tetapi jangan menjiplak skripsi, jika tidak ingin bingung sendiri dalam menjawab di acara sidang skripsi Selain itu, untuk memperoleh data yang akan dicantumkan pada bab 2 Anda bisa browsing di internet dan utamakan data yang berasal dari jurnal ilmiah daripada blog.  Upayakan pada jadwal bimbingan selanjutnya Anda sudah membawa hasil usulan penelitian ini.


Bimbingan untuk pembuatan usulan penelitian


Saat melakukan bimbingan untuk merevisi usulan penelitian yang telah selesai Anda tulis, perhatikan baik-baik apa yang disarankan oleh dosen pembimbing. Usahakan agar pada bimbingan berikutnya segala perbaikan yang disarankan oleh dosen telah Anda lakukan. Hal ini akan mempercepat proses penulisan skripsi Anda. Dosen pembimbing tentu mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada yang menjelaskan secara lisan apa yang harus Anda perbaiki, tetapi ada pula yang membuatkan perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan dalam tugas akhir tersebut. Untuk itu ikutilah ritme dosen yang bersangkutan agar terbangun komunikasi yang lancar. Utamakanlah pendapat dosen pembimbing 1 daripada dosen pembimbing 2.


Revisi and More Revisi


Saat tengah membuat skripsi kegiatan Anda tak akan jauh-jauh dari bimbingan dan revisi. Terkadang anda harus menghubungi jasa pengetikan memperingan beban anda. Jangan pernah bosan melakukannya sampai final. Setelah usulan penelitian Anda disetujui, jangan lupa untuk meminta tanda tangan pengesahan.


Pendaftaran seminar


Carilah informasi pada bagian akademik persyaratan yang harus Anda penuhi untuk melakukan seminar usulan penelitian. Jika sudah memenuhinya (jumlah SKS yang telah diambil, draft UP serta transkrip akademik) maka tugas Anda berikutnya adalah mempersiapkan diri untuk seminar. Kuasai laporan dengan baik agar seminar berjalan lancar.


Revisi pasca seminar ( Revisi lagi )


Pada saat seminar biasanya Anda akan mendapatkan saran dan masukan dari dosen penguji. Rekam atau catat semuanya dan konsultasikan kembali dengan dosen pembimbing untuk meminta persetujuan. Tentunya akan banyak lagi coretan sani-sini dari dosen pembimbing. Silahkan buka pc anda, dan atur lagi margin-margin atau kesalahan kalimat yang dikoreksi pembimbing. Usahakan agar ketikan lain tidak berantakan aturannya lagi. Tetapi  untuk memperingan pekerjaan anda biasanya kembali menghubungi jasa pengetikan saja. Bahkan  yang ingin lebih praktis, cukup menghubungi jasa pengetikan via online. Pilihlah jasa pengetikan online yang dipercaya. Nah, Setelah bimbingan segera lakukan revisi sebagaimana yang telah didiskusikan dengan dosen bimbingan Anda dan terakhir mintalah tanda tangan pengesahan lagi.


Penelitian


Untuk membangun mood dalam membuat skripsi, jangan menunda untuk melakukan penelitian agar Anda bisa lebih cepat juga dalam menyelesaikannya. Sambil mengambil data Anda bisa sekaligus memulai penulisan sedikit demi sedikit untuk bab 4 dan 5, melampirkan foto-foto, membuat abstrak, membuat daftar isi, membuat kata pengantar, serta melengkapinya dengan ucapan terima kasih dan biodata Anda.


Penyelesaian penelitian


Penulisan pembahasan dalam tugas akhir ini memang dapat dikatakan tahapan yang paling sulit. Tulis semua dengan runtut serta mudah dimengerti. Jangan sampai membuatkan kalimat yang bertentangan dengan teori dasar. Atau jangan sampai mengetik di word dengan aturan yang kacau-balau dan tidak melakukan pengaturan word yang otomatis. Apabila merasa kurang mampu untuk melakukan analisis sendiri, sebaiknya gunakan jasa orang lain agar hasilnya lebih akurat. Jangan lupa untuk melakukan bimbingan agar hasil membuat skripsi Anda maksimal.


Seminar hasil


Beberapa Universitas negeri atau swasta memberlakukan aturan seminar hasil untuk mempresentasikan hasil penelitan kita. Di sini presenter akan diuji dari segi keilmuan serta hal-hal yang telah Anda tulis pada bab IV dan V.


Sidang skripsi


Ini adalah tahapan akhir yang harus Anda selesaikan dalam membuat skripsi, yaitu menguji hasilnya dalam sidang sarjana. Agar hasilnya bisa maksimal, Anda bisa latihan dulu dengan beberapa teman yang satu jurusan. Buatlah prediksi pertanyaan serta buatlah jawabannya sesuai dengan tulisan ilmiah yang Anda buat. Bila semua persiapan sudah dilakukan dengan matang, tentu Anda akan dapat melalui masa-masa paling berat ini dengan baik.

Tips menghadapi sidang skripsi :

  • Kuasailah materi (hal ini sudah sepertiga dari kesuskesan anda melewati sidang sarjana. Itulah kelebihannya jika anda menyusun sendiri skripsinya. Karena andaia tahu betul seluk-beluk alur dan logika skripsi anda sendiri, khan anda “mengalaminya” sendiri?
  • Pahami gaya setiap penguji. (hal ini juga sudah sepertiga dari kesuksesan anda melewati sidang sarjana) Cari tahu pada senior anda yang sudah lulus : “Apa yang selalu menjadi pertanyaan dosen penguji A?”, “Bagaimana gaya bertanya dari sisi emosional dan intelektualnya?”
  • Pakailah gaya menjawab memakai point-point (bila diperlukan). Setidaknya tips ini akan membuat anda mengingat materi yang banyak dan terstruktur .
  • Usahakan anda merasa tenang. Ini cukup sulit, tapi setidaknya anda bisa berusaha dalam menghadapi sidang skripsi.
  • Tidur yang cukup di malam hari.
  • Cari hiburan setengah hari, sehari sebelum hari
  • Makan makanan pendukung stamina seperti : protein tinggi dan minuman berkafein.
  • Terakhir, berdoa kepada yang sang pencipta, agar kiranya diberikan kemudahan.

Demikianlah. 12 tips membuat skripsi bagi Anda yang mungkin dapat membantu anda dalam membuat skripsi. Jangan lupa membaca : jasa pengetikan skripsi lainnya. Dalam kesempatan berikutnya, saya akan membahas point-point diatas satu per satu. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share Fb dan share G Plus. Karena berbagi itu indah.

Advertiser

Comments
0 Comments