KLIK PLAY UNTUK TADARRUS QURAN >>>>>>>>>>0813-8162-2530 / 0853-4286-0677

Cara Mengetik Surat Lamaran Kerja yang Disukai Perusahaan

Surat Lamaran Kerja yang Baik. Seberapa Pentingkah ?


Calon pelamar kerja yang baik biasanya mahir memperhatikan cara mengetik surat lamaran  yang disukai perusahaan.  Namun sayangnya masih banyak yang tidak tahu bagaimana caranya mengetik surat lamaran yang baik, sehingga benar-benar “layak jual”. Untuk itu jangan sampai anda gagal mendapatkan kesempatan wawancara hanya gara-gara surat lamaran anda “tidak menarik”, “bertele-tele” dan “Mengambang” sehingga jauh dari perhatian calon  bos  anda.

Jika anda mempunyai peluang untuk mendapatkan sebuah posisi pekerjaan  yang baik namun  anda belum tahu bagaimana mengetik atau membuat surat lamaran yang baik, maka saatnya anda sudah mulai memikirkan membikin surat lamaran yang informatif, namun tetap ringkas, padat, to the point (langsung pada pokoknya).

Surat Lamaran Kerja, apa itu ? Menurut Definisi di Wikipedia surat lamaran adalah surat yang digunakan untuk melamar kerja :) :) Lha iyalah, memangnya dipakai melamar wanita ? Wong pembaca juga tahu koq. Tapi pembaca, secara mendasar, format  sebuah penulisan surat lamaran kerja adalah setidak-tidaknya mengandung bagian sebagai berikut :
  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang ditujukan
  • Salam hormat
  • Kata pengantar
  • Biodata pribadi
  • Pengalaman kerja dan skill
  • Harapan
  • Penutup

Berikut tips yang biasa diterapkan dalam mengetik atau membuat surat lamaran pekerjaan :

  • Sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan benar
  • Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele
  • Surat lamaran kerja hendaknya ditulis secara manual dan memang anda yang membuatnya
  • Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja
  • Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara pengetikan surat lamaran kerja yang baik. 

Berbagai tips di bawah akan membantu pembuatan surat lamaran kerja yang unik.

1. Kesan Individual

Jika Anda berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Anda mengetikkan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Selain itu perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang pria, jika Anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Mr. Contoh: Mr. Mutawakkal.

Ingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak template atau contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dengan keperluan Anda.

2. Singkat dan Padat

Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Anda dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Anda dengan menggunakan kata-kata yang sulit.

Ingat: Hindari mengetik surat lamaran Anda lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

3. Rapi dan Bersih

Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk mengetikkan surat lamaran Anda. Dengan begitu Anda dapat mengetikkan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca.

Ingat: Hindari mengetik surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.

Demikianlah cara yang dilakukan Jasa pengetikan dalam mengetik surat lamaran  yang baik agar bisa menembus dunia kerja dalam perusahaan.

Jika anda berminat mengetik Surat Lamaran Kerja secara offline, anda bisa   datang ke tempat kami : Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar (lihat alamat kami di google maps)

Bila registrasi lamaran kerja dilakukan secara online, pun anda jangan khawatir. Kami bisa inputkan datanya (registrasikan) lewat online kemudian mencetakkan untuk anda.

Advertiser

Comments
2 Comments